Growthia's Members

Tentang Growthia(dot)Net

Well-Being: Topik yang diangkat oleh Growthia(dot)Net

Kami—tim Growthia(dot)Net membicarakan tentang isu-isu well-being (selanjutnya disingkat WB) yang sangat jarang ditemukan sumber-sumber referensinya dalam Bahasa Indonesia. Akan tetapi, bukan berarti, kami sekedar mengalihbahasakan referensi-referensi bacaan dari bahasa asing ke Bahasa Indonesia; kami berusaha melahirkan artikel-artikel tentang WB yang kontekstual dengan kondisi masyarakat Indonesia.

Sedikit Tentang Well-Being

Herjuno Ndaru Kinasih menuliskan opininya di Kompasiana pada tanggal 18 November 2012, bahwa konsep WB, dalam dunia yang semakin urban, tidak dapat dengan mudah disederhanakan artinya sebagai kesejahteraan atau kebahagiaan. Sedangkan, menurut WHO, konsep WB diidentikkan dengan kondisi kesehatan mental seseorang; bahwa seseorang perlu menyadari potensi yang dia miliki, beradaptasi dengan tekanan hidup, bekerja secara produktif, serta berkontribusi terhadap terciptanya lingkungan tempat tinggal yang kondusif. Oleh sebab itu, UNDP memasukkan isu WB sebagai capaian ketiga dalam agenda sustainable development goals (SDG—periode 2015-2030), dengan 13 indikatornya.

Semoga artikel-artikel yang ditulis oleh tim Growthia(dot)Net bisa memberikan kontribusi terhadap keberhasilan capaian ketiga SDG 2015-2030.

5 Dimensi Well-Being dalam Growthia(dot)Net

Penulisan artikel dalam situs ini mengadopsi 5 dimensi WB yang dikembangkan oleh Gallup. Kelima dimensi tersebut, antara lain:

  • Career WB ⇒ mengenai pengembangan diri dan karir profesional;
  • Social WB ⇒ mengenai hubungan antarmanusia yang positif dan konstruktif;
  • Financial WB ⇒ mengenai pengelolaan kondisi keuangan;
  • Physical WB ⇒ mengenai kebugaran dan kesehatan tubuh;
  • Community WB ⇒ mengenai adaptasi terhadap kondisi lingkungan—fisik maupun sosial.

3 Kategori Tulisan dalam Growthia(dot)Net

Kami menyadari bahwa situs ini memiliki keterbatasan dalam hal kuantitas kontributor—baru ada 3 orang penulis; juga keterbatasan pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman yang mereka miliki dalam membahas kelima dimensi WB ala Gallup di atas. Meskipun demikian, kami berusaha menyesuaikan keadaan tersebut sehingga bisa menjaga kualitas tulisan dalam artikel-artikel di situs ini. Salah satu langkah yang kami lakukan, yaitu dengan cara membatasi kategori artikel sesuai kompetensi dari ketiga kontributor kami, antara lain: