Penyakit Kulit Herpes Zoster (Info Kesehatan)

Herpes adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh virus dan berpotensi menular. Ada dua jenis herpes yang biasanya diderita oleh masyarakt di Indonesia, yaitu penyakit Herpes yang disebabkan oleh virus Herpes Zoster (terkadang disebut dengan cacar api, cacar ular, atau shingles) dan yang disebabkan oleh virus Herpes simplex (manifestasinya berupa penyakit herpes genital dan herpes oral). Meskipun sama-sama bernama Herpes, namun penyakit kulit tersebut disebabkan oleh virus yang berbeda sehingga diperlukan penanganan yang berbeda pula. Untuk kali ini akan dibahas tentang penyakit kulit Herpes yang disebabkan oleh virus Herpes Zoster .

Herpes Zoster (Shingles, Cacar Api)

penyakit kulit herpes setelah tiga 3 hari
penyakit kulit herpes setelah tiga 3 hari

Penyebab Penyakit Herpes

Herpes Zoster disebabkan oleh virus varicella zoster (VZV), yang juga merupakan penyebab penyakit kulit cacar air (chickenpox). Setelah kita terkena dan sembuh dari cacar air, virus ini akan tetap tinggal di dalam tubuh kita (laten) tanpa memberikan efek dan dampak negatif hingga beberapa tahun ke depan. Seiring berjalannya waktu dan penambahan usia, virus ini akan muncul lagi dalam bentuk Herpes Zoster (cacar api, shingles). Umumnya, penyakit kulit Herpes Zoster ini terjadi pada orang-orang berusia 50 tahun ke atas; namun tetap saja bagi yang pernah menderita cacar air (chickenpox), herpes zoster bisa terjadi kapan pun.

Gejala Penyakit Herpes

Penyakit kulit Herpes Zoster lebih terasa sakit namun tidak lebih gatal dibandingkan penyakit cacar air. Gejalanya diawali dengan adanya area kulit yang ber-ruam, meradang , gatal, dan sensitif jika tersentuh serta umumnya tidak terlalu luas. Kondisi tersebut bisa tetap seperti itu atau menjadi lebih parah dan meluas, tergantung pada kondisi tubuh penderita. Kondisi awal ini biasanya berlangsung selama 1-3 hari.

Ruam yang muncul kemudian akan berubah menjadi lepuhan atau gelembung-gelembung kecil yang berkelompok di area tersebut. Lepuhan dan gelembung-gelembung tersebut kemudian berangsur-angsur akan berubah warna menjadi kuning atau merah darah hingga akhirnya mengering dan hilang. Munculnya gelembung biasanya juga disertai dengan rasa nyeri. Dalam beberapa kasus tertentu, terkadang diperlukan obat penghilang rasa sakit untuk membantu penderita mengatasinya. Kondisi ini biasanya berlangsung selama 1-3 minggu, bergantung tingkat keparahannya. Di beberapa kejadian, gejala penyakit ini juga disertai dengan gejala flu, seperti panas dan sakit kepala, sebagai akibat turunnya imunitas tubuh.

Penanganan Penyakit Herpes

Penyakit ini sebenarnya bisa sembuh dalam beberapa minggu tanpa penanganan medis, namun untuk mencegah peluasan area yang terkena dan penularan, maka sangat disarankan untuk melakukan tindakan medis sesuai dengan anjuran dokter. Beberapa cara mengatasi penyakit herpes adalah:

  1. Memeriksakan diri ke dokter
  2. Tidak sering berada di area terbuka (publik) karena virus ini bisa menular melalui udara.
  3. Istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan/minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bisa juga dengan ditambahkan suplemen yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengandung vitamin c.
  4. Menghindari kontak fisik terutama dengan area yang menderita penyakit ini.

Virus Herpes Zoster ini sangat mudah untuk menular, namun jika lepuhan dan gelembung sudah mengering maka virus ini sudah tidak menular.

Obat Penyakit Herpes

Acyclovir adalah obat yang salah satu obat yang kerap digunakan dalam menangani penyakit herpes. Obat ini tidak berfungsi untuk menyembuhkan, namun mampu mengatasi penyebaran area kulit atau tubuh agar tidak menjadi semakin luas.

Acyclovir tersedia dalam bentuk salep dan tablet. Jika herpes hanya terjadi di permukaan kulit dan belum meluas, biasanya cukup digunakan acyclovir dalam bentuk salep saja dan dioles di atas dan sekitar area yang terdampak. Namun jika sudah meluas dan menyebar di lebih dari satu permukaan kulit, biasanya dibutuhkan juga acyclovir tablet yang diminum untuk pengobatan dari dalam tubuh.

Obat tersebut, acyclovir, adalah obat generik dengan harga relatif terjangkau. Ada juga obat zovirax, obat paten dengan harga relatif lebih mahal.


DISCLAIMER

Artikel ini hanya membantu pembaca untuk lebih memahami tentang penyakit Herpes Zoster, dan bukan pengganti peran dokter ataupun ahli medis. Segala risiko dan akibat dari keputusan penggunaan tindakan yang tertulis di artikel ini adalah tanggung jawab pembaca sepenuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *