Panjang Umur dan Awet Muda; 7 Langkah Mudah Berdasarkan Penelitian Para Ahli

Banyak orang mencari cara untuk tetap panjang umur dan awet muda. Entah untuk alasan estetika dan kebanggaan diri, kesehatan, maupun juga agar bisa memiliki waktu yang lebih lama bersama orang-orang yang tercinta. Apapun motivasi dibalik itu, fakta bahwa ada keinginan untuk mengetahui rahasia tersebut tidak bisa dipungkiri. Buktinya anda sendiri masih tetap membaca artikel ini.. 😀

Rahasia awet muda dan panjang umur juga telah membuat banyak ilmuwan melakukan berbagai eksperimen dan penelitian. Mereka mencoba menemukan cara-cara paling sederhana untuk bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita simak 7 langkah panjang umur dan awet muda yang sudah teruji ke-ilmiahan-nya.

1. Berolahraga

olah raga sederhana
yoga workout @ home

Langkah ini mungkin terdengar klise, namun tidak bisa dipungkiri bahwa memang olah raga memegang peranan penting untuk menjadi awet muda dan panjang umur. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh Harvard Medical School pada Februari 2013, ditemukan bahwa orang yang memiliki pola hidup aktif (secara fisik) memiliki umur yang lebih panjang, empat hingga tujuh tahun .

Sudah banyak metode olah raga sederhana yang bisa dilakukan di rumah dan relatif tidak membutuhkan waktu yang lama. Dalam sebuah penelitian yang dimuat oleh JACC (Journal of The American College of Cardiology), hanya dengan berlari selama lima menit sehari akan berpotensi memperpanjang umur seseorang. So, lima menit sehari untuk panjang umur dan awet muda.

2. Membantu Orang lain

Help
“That’s the power of helping others!”, karena pada saat kita membantu orang lain, kita sedang membantu diri kita sendiri.  Ungkapan tersebut sudah dibuktikan oleh Andrea Fuhrel-Forbis, seorang peneliti dari University of Michigan.

Dalam penelitiaannya, yang dimuat oleh American Psychological Association (APA) pada 2012, Andrea menemukan bahwa motif dan perilaku membantu orang lain memiliki pengaruh pada risiko kematian dan umur seseorang. Motivasi yang mengarah pada altruisme memiliki potensi umur yang lebih panjang, daripada mereka yang membantu dengan motivasi untuk kepentingan diri sendiri.

3. Mengelola Stres

Stress
Hanya ada 2 macam orang yang tidak mengalami stres, orang gila dan orang mati. Jadi, kalau anda masih mengalami stres, berarti itu indikasi bahwa anda masih waras dan hidup :D.

Kita tidak akan bisa menghindari stres, karena itu adalah bagian dari hidup. Sebab itu penting untuk memiliki kemampuan dalam mengelola stres.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat oleh American Heart Association (AHA) pada 2015, seseorang yang mengalami stres dan depresi memiliki tingkat risiko kematian hingga empat puluh delapan persen lebih tinggi. Dengan kemampuan mengelola stres yang baik, maka potensi hidup dan umur panjang juga meningkat.

4. Menikah

Lucille-Noel
Mungkin ini adalah langkah yang paling sulit bagi para jomblo untuk menjadi panjang umur dan awet muda :D. Sebuah penelitian yang diunggah oleh National Bureau of Economic Research pada Desember 2014 menyatakan bahwa pernikahan mampu meningkatkan kondisi well-being dan kebahagiaan seseorang dibanding mereka yang memutuskan hidup melajang, terutama pada saat melewati masa-masa krisis.

Mereka yang menikah lebih mampu menghadapi stres dan tekanan lebih baik, sehingga memiliki potensi umur yang lebih panjang. Buat para jomblo dan lajangers, segeralah berburu pasangan :D.

5. Mensyukuri Penambahan Usia

Elders
Mulai mencemaskan jumlah rambut yang mulai rontok? Atau uban yang mulai muncul? Atau anda sibuk menutupi kantong mata yang semakin besar dan lebar?

Penambahan usia, alias penuaan, adalah proses yang harus dihadapi dan diterima oleh setiap mahluk. Sebuah penelitian yang dimuat pada Journal of Personality and Social Psychology mengungkapkan bahwa orang dewasa yang cara pandang positif pada proses penuaan rata-rata memiliki umur tujuh tahun lebih panjang daripada mereka yang cemas dengan kondisinya yang berubah.

6. Menjalani Diet Mediterania

Menu makanan sederhana
“Badanku gak gemuk, kenapa harus diet?”.

Diet bukan hanya soal menguruskan badan atau menurunkan berat badan, tapi mengatur pola makan dan makanan untuk tujuan tertentu. Bisa untuk menaikkan berat badan, menjaga kesehatan, maupun juga memperoleh manfaat panjang umur dan awet muda.

Dalam sebuah penelitian pada manula yang dilakukan di tahun 2011, diungkap bahwa mereka yang telah berusia lanjut dan mengkonsumsi ikan, sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang mediterania, memiliki kesempatan dua puluh persen lebih tinggi dibanding rekan-rekan seusianya memiliki umur lebih panjang.

7. Menghabiskan Waktu Bersama Sahabat dan Teman Dekat

BFF growthia.net
Ikatan sosial yang kuat memiliki korelasi positif terhadap kesehatan seseorang. Sebuah artikel penelitian yang dimuat oleh Harvard Medical School pada Desember 2010 menunjukkan bahwa orang-orang yang relasi yang dekat dan intim dengan orang lain memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mati muda dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki relasi dekat/intim.

So, tetaplah menjaga relasi dan tali silaturahmi dengan teman anda meskipun dia membela Ahok dan anda memilih Anies :D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *